× Badan Diklat Badan Kepegawaian & Pengembangan SDM Daerah Badan Penanggulangan Bencana Daerah Badan Pendapatan Daerah Badan Penelitian & Pengembangan Daerah Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Bagian Hukum dan Ham Bagian Kerja Sama Bagian Kesra Bagian Keuangan Bagian Perekonomian dan Pembangunan Bagian Perlengkapan Bagian Pertanahan Bagian Tata Pemerintahan Bagian Umum Dinas Kearsipan Dinas Kebudayaan Dinas Kependudukan & Pencatatan Sipil Dinas Kesehatan Dinas Ketahanan Pangan Dinas Ketenagakerjaan Dinas Komunikasi dan Informatika Dinas Koperasi dan UKM Dinas Lingkungan Hidup Dinas Pariwisata Dinas Pekerjaan Umum Dinas Pemadam Kebakaran Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Dinas Pemuda & Olahraga Dinas Penanaman Modal & Pelayanan Terpadu Dinas Penataan Ruang Dinas Pendidikan Dinas Pengendalian Penduduk & KB Dinas Perdagangan Dinas Perhubungan Dinas Perikanan & Pertanian Dinas Perpustakaan Dinas Pertamanan dan Kebersihan Dinas Pertanahan Dinas Perumahan dan Pemukiman Dinas Sosial DPRD Inspektorat Kesbangpol Korpri Ortala Perusahaan Daerah Protokol Rumah Sakit Umum Daerah Satuan Polisi Pamong Praja

Ramadhan, Jam Kerja PNS Lebih Singkat

Ramadhan, Jam Kerja PNS Lebih Singkat
Kamis , 4 Mei 2017 18:16

RAKYATKU.COM, MAKASSAR -Selama bulan suci Ramadhan, seluruh pegawai negeri sipil (PNS) di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemerintah Kota Makassar mengalami perubahan jam kerja. Meski demikian, para PNS  ini tetap diminta untuk meningkatkan kinerjanya walaupun sedang berpuasa.

Perubahan jam kerja PNS tersebut nantinya akan tertuang dalam Surat Edaran darai pemerintah, tentang Ketentuan Hari Kerja, Jam Kerja dan Pakaian Kerja Pegawai pada Bulan Ramadhan. 

"Sekarang belumnada yang beredar, kemungkinan seminggu sebelum ramadhan. Pastinya akan lebih lambat datang dan cepat pulang, hal itu untuk menghargai orang yang menjalankan puasa," ujar Sekertaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Basri Rakhman. Kamis (4/5/2017)

Menurutnya, dalam aturan yang beredar dari tahun ke tahun, jumlah jam kerja PNS selama bulan Ramadhan adalah 32,5 jam per minggu, dimana jam kerja dimulai pukul 08.00 Wita dan akan berakhir pada pukul 15.00 Wita. Dan, kemungkinan besar aturan ini tidak akan berubah.

"Nanti kita lihat, surat edaran dari pusat apakah ada yang berubah atau tetap sama,"katanya.

Basri menambahkan, singkatnya jam kerja, dimaksudkan untuk menjaga dan menciptakan efisiensi dan produktivitas waktu yang digunakan selama bulan Ramadan. 

Olehnya para pegawai diharapkan dapat memanfaatkan dan membagi waktu dengan sebaik-baiknya. Supaya waktu kerja di kantor tetap optimal, begitupun waktu bersama keluarga ketika menjelang berbuka puasa.

"Selain itu saat jam kerja waktu istirahat yang berlaku hanya saat waktu shalat dhuhur sekira sejam,"ungkapnya.
 

Penulis : ALIFIAH AINUL

Editor : Trio Rimbawan

Komentar