× Badan Diklat Badan Kepegawaian & Pengembangan SDM Daerah Badan Penanggulangan Bencana Daerah Badan Pendapatan Daerah Badan Penelitian & Pengembangan Daerah Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Bagian Hukum dan Ham Bagian Kerja Sama Bagian Kesra Bagian Keuangan Bagian Perekonomian dan Pembangunan Bagian Perlengkapan Bagian Pertanahan Bagian Tata Pemerintahan Bagian Umum Dinas Kearsipan Dinas Kebudayaan Dinas Kependudukan & Pencatatan Sipil Dinas Kesehatan Dinas Ketahanan Pangan Dinas Ketenagakerjaan Dinas Komunikasi dan Informatika Dinas Koperasi dan UKM Dinas Lingkungan Hidup Dinas Pariwisata Dinas Pekerjaan Umum Dinas Pemadam Kebakaran Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Dinas Pemuda & Olahraga Dinas Penanaman Modal & Pelayanan Terpadu Dinas Penataan Ruang Dinas Pendidikan Dinas Pengendalian Penduduk & KB Dinas Perdagangan Dinas Perhubungan Dinas Perikanan & Pertanian Dinas Perpustakaan Dinas Pertamanan dan Kebersihan Dinas Pertanahan Dinas Perumahan dan Pemukiman Dinas Sosial DPRD Inspektorat Kesbangpol Korpri Ortala Perusahaan Daerah Protokol Rumah Sakit Umum Daerah Satuan Polisi Pamong Praja

Musrenbang Kecamatan Manggala Fokuskan Solusi Penanganan Banjir

Musrenbang Kecamatan Manggala Fokuskan Solusi Penanganan Banjir
Sabtu , 2 Februari 2019 11:42

RAKYATKU.COM, MAKASSAR,- Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan Manggala untuk tahun anggaran 2020 yang digelar di Aula kantor Camat Manggala, Jl. Bitowa Raya, kelurahan Manggala, kecamatan Manggala, kota Makassar, Jum’at (1/2/2019) fokus pada upaya-upaya penanganan bencana banjir.

Ketua Forum Komunikasi Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (FKLPM) kecamatan Manggala, Andi Pasamangi Wawo dalam sambutannya menyampaikan, bahwa dengan hadirnya bencana banjir yang dialami sejumlah kelurahan yang ada kecamatan Manggala setiap tahunnya, sudah seharusnya segera mungkin direncanakan pengadaan perahu karet dan pelatihan penanggulangan bencana banjir.

"Hampir setiap tahun ada 4 kelurahan yang ada di Manggala ini terjadi musibah banjir, apalagi yang terjadi belum lama ini yang begitu besar, menimbulkan banyak kerugian yang harus diderita warga terdampak bencana, olehnya itu sudah sepatutnya kita merencanakan pengadaan perahu karet dan pelatihan penanganan bencana yang melibatkan RT, RW serta tokoh masyarakat," tegas Andi Pasamangi.

Menanggapi penyampaian ketua FKLPM Manggala tersebut, Asisten Wali kota Makassar bidang, Perekonomian, Pembangunan dan Sosial Drs. H. A. Irwan Bangsawan, M.Si, yang hadir mewakili wali kota mengatakan, bahwa rencana pengadaan perahu karet, serta  pelaksanaan sosialisasi tanggap bencana, menjadi perhatian khusus wali kota Makassar untuk dapat segera dilaksanakan.

"Dalam Rakorsus yang dilaksanakan beberapa hari lalu, Bapak wali kota berjanji akan segera mengadakan perahu karet untuk kecamatan Manggala, termasuk sosialisasi tanggap bencana dengan mengutamakan peserta tokoh masyarakat yang bersentuhan langsung dengan bencana,” tegas Irwan.

Pada kesempatan itu, Andi Irwan juga memaparkan hasil temuan yang dilakukan wali kota Makassar saat turun langsung meninjau banjir, bahwa banjir disebabkan oleh penyempitan dan sedimentasi,  sehingga perlu segera dilaksanakan pengerukan dan nurmalisasi saluran air. Selain itu pembangunan perumahan yang berada pada lokasi kantong air juga memiliki andil yang cukup besar dalam terjadinya banjir.

Nampak turut hadir dalam Musrenbang kecamatan Manggala, Kepala Bappeda Kota Makassar, dr. A. Khadijah Iriani, Kepala Dinas Pertanahan, H. Manai Sophian, sejumlah anggota DPRD kota Makassar dapil IV antara lain Adi Rasyid Ali, Supratman, Haslinda Wahab dan Hamzah Hamid, Camat Manggala, Andi Fadly serta sejumlah perwakilan Organisasi Pemerintah Daerah  (OPD) kota Makassar.
 

Penulis :

Editor : Trio Rimbawan

Komentar