× Badan Diklat Badan Kepegawaian & Pengembangan SDM Daerah Badan Penanggulangan Bencana Daerah Badan Pendapatan Daerah Badan Penelitian & Pengembangan Daerah Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Bagian Hukum dan Ham Bagian Kerja Sama Bagian Kesra Bagian Keuangan Bagian Perekonomian dan Pembangunan Bagian Perlengkapan Bagian Pertanahan Bagian Tata Pemerintahan Bagian Umum Dinas Kearsipan Dinas Kebudayaan Dinas Kependudukan & Pencatatan Sipil Dinas Kesehatan Dinas Ketahanan Pangan Dinas Ketenagakerjaan Dinas Komunikasi dan Informatika Dinas Koperasi dan UKM Dinas Lingkungan Hidup Dinas Pariwisata Dinas Pekerjaan Umum Dinas Pemadam Kebakaran Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Dinas Pemuda & Olahraga Dinas Penanaman Modal & Pelayanan Terpadu Dinas Penataan Ruang Dinas Pendidikan Dinas Pengendalian Penduduk & KB Dinas Perdagangan Dinas Perhubungan Dinas Perikanan & Pertanian Dinas Perpustakaan Dinas Pertamanan dan Kebersihan Dinas Pertanahan Dinas Perumahan dan Pemukiman Dinas Sosial DPRD Inspektorat Kesbangpol Korpri Ortala Perusahaan Daerah Protokol Rumah Sakit Umum Daerah Satuan Polisi Pamong Praja

Meneliti Layanan Digital di PTSP, ASN Diskominfo Makassar Raih Gelar Doktor

Meneliti Layanan Digital di PTSP, ASN Diskominfo Makassar Raih Gelar Doktor
Selasa , 12 Maret 2019 16:30

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kepala Seksi Aplikasi dan Telematika Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Makassar, Jusman, berhasil meraih gelar doktor dengan predikat sangat memuaskan pada ujian disertasi yang berlangsung di Aula Prof Syukur Abdullah FISIP Universitas Hasanuddin, Selasa (12/3/2019).

Di hadapan sejumlah guru besar dan penguji, Jusman, berhasil mempertanggungjawabkan disertasinya yang berjudul “Model elektronik dalam pelayanan publik (Studi Kasus Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Makassar)".

“Salah satu yang paling menantang pada paradigma e-government yakni perlunya keselarasan teknologi, mengintegrasikan sistem informasi agar administrasi yang berbeda bisa saling berintegrasi,” ujar Jusman saat menyampaikan disertasinya. 

Pada kesimpulannya, Jusman menawarkan model pelayanan terpadu dengan kerangka proses penyelarasan pelayanan publik yang terintegrasi dengan istilah Quadrant Fix. 

“Ada empat perspektif dalam model ini, yakni perspektif organisasi administrasi, perspektif layanan terpusat, perspektif organisasi virtual dan potensial kompetitif, serta perspektif layanan full integrasi,” lanjut Jusman.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Makassar, Ichwan Yacub yang hadir menyaksikan langsung ujian terbuka ini mengaku bangga dengan capaian salah satu pejabat di instansinya tersebut.

“Bekal akademik seorang ASN tentu saja sangat strategis dalam meningkatkan kinerja, termasuk membantu dalam upaya menemukan dan mewujudkan inovasi layanan publik di kota Makassar. Hari ini kami merasa sangat bangga dan optimis dengan gelar yang berhasil di raih salah satu pejabat internal kami,” ujar Ichwan Yacub.

Ujian terbuka yang dipimpin Prof Dr Amin Arsyad ini juga dihadiri Prof Dr H Sulaiman Asang, MS selaku promotor, Dr Badu Achmad, MSi selaku Ko Promotor pertama, Dr Atta Irene Allorante, MSi selaku Ko Promotor kedua, Dr Sulaeman Fattah, MSi selaku penguji eksternal dan Prof Dr Rakhmat, MS selaku penguji internal.

Penulis : Yuniastika Datu

Editor : Al Khoriah Etiek Nugraha

Komentar