× Badan Diklat Badan Kepegawaian & Pengembangan SDM Daerah Badan Penanggulangan Bencana Daerah Badan Pendapatan Daerah Badan Penelitian & Pengembangan Daerah Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Bagian Hukum dan Ham Bagian Kerja Sama Bagian Kesra Bagian Keuangan Bagian Perekonomian dan Pembangunan Bagian Perlengkapan Bagian Pertanahan Bagian Tata Pemerintahan Bagian Umum Dinas Kearsipan Dinas Kebudayaan Dinas Kependudukan & Pencatatan Sipil Dinas Kesehatan Dinas Ketahanan Pangan Dinas Ketenagakerjaan Dinas Komunikasi dan Informatika Dinas Koperasi dan UKM Dinas Lingkungan Hidup Dinas Pariwisata Dinas Pekerjaan Umum Dinas Pemadam Kebakaran Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Dinas Pemuda & Olahraga Dinas Penanaman Modal & Pelayanan Terpadu Dinas Penataan Ruang Dinas Pendidikan Dinas Pengendalian Penduduk & KB Dinas Perdagangan Dinas Perhubungan Dinas Perikanan & Pertanian Dinas Perpustakaan Dinas Pertamanan dan Kebersihan Dinas Pertanahan Dinas Perumahan dan Pemukiman Dinas Sosial DPRD Inspektorat Kesbangpol Korpri Ortala Perusahaan Daerah Protokol Rumah Sakit Umum Daerah Satuan Polisi Pamong Praja

Kecamatan Wajo Gelar Musrenbang, Usulan Masih Didominasi Kegiatan Fisik

Kecamatan Wajo Gelar Musrenbang, Usulan Masih Didominasi Kegiatan Fisik
Sabtu , 26 Januari 2019 18:08

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pemerintah Kecamatan Wajo, menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan, di Hotel Grand Palece, Sabtu (26/1/2019).

Dalam sambutannya, Plt Sekda kota Makassar Naisyah Tun Azikin menekankan program perencanaan pembangunan di tingkat kecamatan dapat mengakomodir seluruh aspirasi warga dari tingkat kelurahan.

"Musrenbang tentulah waktu yang tepat untuk membahas program peningkatan kesejahteraan masyarakat, melibatkan seluruh pemangku kepentingan yang ada, sehingga lahirlah usulan program yang menjadi skala prioritas dari musrenbang kelurahan, yang dijadikan acuan di musrenbang  kecamatan, sehingga menjadi dasar dalam penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Jangka Menengah Daerah pada tahun berikutnya," ucapnya.

Sementara itu, Camat Wajo, Aulia Rahman mengungkapkan, usulan musrenbang di wilayahnya masih didominasi berbagai kegiatan yang bersifat fisik. Untuk kegiatan non fisik, pihaknya mengusulkan pelatihan pemberdayaan ekonomi bagi kesejahteraan masyarakat.

"Musyawarah tahun ini masih mengusulkan lebih banyak kegiatan fisik, tapi sebenarnya bukan hanya fisik saja, non fisik juga masih diusulkan," tuturnya.

Aulia menambahkan, selain pelatihan pemberdayaan ekonomi masyarakat juga termasuk di dalamnya pelatihan bagi ASN maupun non ASN yang sasaran utamanya adalah meningkatkan kualitas SDM aparat, guna memberikan pelayanan yang maksimal kepada warganya.
 
"Tentunya peranan masyarakat dan aparat pemerintahan khususnya lurah dituntut untuk berpartisipasi dalam mewujudkan program yang sudah diproyeksikan pada musrenbang tahun 2019 ini,  untuk selanjutnya direalisasikan pada tahun berikutnya," terangnya. 

Nampak hadir dalam kegiatan musrenbang ini, Anggota DPRD Wilayah Dapil ll Yongris, Kapolsek dan Danramil kecamatan Wajo, Ketua LPM, serta seluruh Lurah dan tokoh masyarakat Kecamatan Wajo.

Penulis : Yuniastika Datu

Editor : Al Khoriah Etiek Nugraha

Komentar