× Badan Diklat Badan Kepegawaian & Pengembangan SDM Daerah Badan Penanggulangan Bencana Daerah Badan Pendapatan Daerah Badan Penelitian & Pengembangan Daerah Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Bagian Hukum dan Ham Bagian Kerja Sama Bagian Kesra Bagian Keuangan Bagian Perekonomian dan Pembangunan Bagian Perlengkapan Bagian Pertanahan Bagian Tata Pemerintahan Bagian Umum Dinas Kearsipan Dinas Kebudayaan Dinas Kependudukan & Pencatatan Sipil Dinas Kesehatan Dinas Ketahanan Pangan Dinas Ketenagakerjaan Dinas Komunikasi dan Informatika Dinas Koperasi dan UKM Dinas Lingkungan Hidup Dinas Pariwisata Dinas Pekerjaan Umum Dinas Pemadam Kebakaran Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Dinas Pemuda & Olahraga Dinas Penanaman Modal & Pelayanan Terpadu Dinas Penataan Ruang Dinas Pendidikan Dinas Pengendalian Penduduk & KB Dinas Perdagangan Dinas Perhubungan Dinas Perikanan & Pertanian Dinas Perpustakaan Dinas Pertamanan dan Kebersihan Dinas Pertanahan Dinas Perumahan dan Pemukiman Dinas Sosial DPRD Inspektorat Kesbangpol Korpri Ortala Perusahaan Daerah Protokol Rumah Sakit Umum Daerah Satuan Polisi Pamong Praja

DPM-PTSP Janjikan Izin Usaha Gratis PKL Center

DPM-PTSP Janjikan Izin Usaha Gratis PKL Center
Senin , 9 Juli 2018 17:56

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Pedagang Kaki Lima (PKL) Center Kaki Lima Ta' atau Kanre Rong Ri Karebosi bakal jadi ikon destinasi kuliner di Kota Makassar.

Sebelumnya, Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto menyebutkan, ada 36 menu makanan khas daerah Kota Makassar yang akan disajikan oleh Pedagang Kaki Lima'ta yang akan relokasi dari beberapa titik.

Olehnya itu, Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Makassar, Andi Bhukti Jufri mengusulkan, seluruh pelaku UKM yang ada di PKL Center Kaki Lima'ta harus memiliki izin usaha dari DPM-PTSP secara gratis.

Andi Bhukti Jufri menegaskan, PKL Center Kaki Lima'ta nantinya akan menjadi percontohan untuk itu seluruh pelaku UKM harus memiliki izin usaha.

"Pelaku UKM itu nanti di situ (PKL Center Kaki Lima'ta) Tidak ada yang tidak memiliki izin usaha, semuanya harus punya izin usaha," tandas Andi Bhukti Jufri.

Kata dia, pemberian izin usaha kepada seluruh UKM di PKL Center Kaki Lima'ta, diberikan secara gratis.

"Pemberian izin usaha kepada seluruh pelaku UKM ini kami akan berikan pada saat difungsikan PKL Center Kaki Lima'ta atau Kanre Rong Ri Karebosi (17/8/2018) mendatang dan itu gratis," ujarnya.

Selain itu, menurut Andi Bhukti Jufri, izin usaha yang diberikan kepada seluruh pelaku UKM di PKL Center Kaki Lima'ta bermanfaat ketika misalnya pengelolanya di situ ada yang meninggal sehingga tidak serta merta dia akan menjual kepada orang orang lain.

"Jadi kalau ada izin usaha tidak boleh serta merta memberikan usahanya kepada orang lain, sebelum izin usaha tersebut harus nama pemilik diubah dan yang paling penting lagi izin usaha ini dapat digunakan untuk menambah investasinya," ujarnya.

Adapun persyaratan untuk mendapat izin usaha bagi pelaku usaha yang sudah dinyatakan menempati tempat tersebut, sambung Andi Bhukti Jufri yakni biodata dan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

"Persyaratannya itu palingan biodata pelaku UKM dan KTP karena ini memiliki kepala UPTD," ungkapnya.

Ia juga mengaku, agar konsepnya sesuai apa yang diajukan dalam waktu dekat ini, dirinya bersama dengan Walikota Makassar Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto akan melakukan rapat koordinasi lebih lanjut.

"Saya bersama dengan Pak Wali kota dalam waktu dekat ini kami akan melakukan rapat koordinasi bagaimana konsepnya lagi," tutupnya.

Penulis : Nurhikmah

Editor : Al Khoriah Etiek Nugraha

Komentar