× Badan Diklat Badan Kepegawaian & Pengembangan SDM Daerah Badan Penanggulangan Bencana Daerah Badan Pendapatan Daerah Badan Penelitian & Pengembangan Daerah Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Bagian Hukum dan Ham Bagian Kerja Sama Bagian Kesra Bagian Keuangan Bagian Perekonomian dan Pembangunan Bagian Perlengkapan Bagian Pertanahan Bagian Tata Pemerintahan Bagian Umum Dinas Kearsipan Dinas Kebudayaan Dinas Kependudukan & Pencatatan Sipil Dinas Kesehatan Dinas Ketahanan Pangan Dinas Ketenagakerjaan Dinas Komunikasi dan Informatika Dinas Koperasi dan UKM Dinas Lingkungan Hidup Dinas Pariwisata Dinas Pekerjaan Umum Dinas Pemadam Kebakaran Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Dinas Pemuda & Olahraga Dinas Penanaman Modal & Pelayanan Terpadu Dinas Penataan Ruang Dinas Pendidikan Dinas Pengendalian Penduduk & KB Dinas Perdagangan Dinas Perhubungan Dinas Perikanan & Pertanian Dinas Perpustakaan Dinas Pertamanan dan Kebersihan Dinas Pertanahan Dinas Perumahan dan Pemukiman Dinas Sosial DPRD Inspektorat Kesbangpol Korpri Ortala Perusahaan Daerah Protokol Rumah Sakit Umum Daerah Satuan Polisi Pamong Praja

Diskop Makassar Fasilitasi Pemasaran Produk UMKM

Diskop Makassar Fasilitasi Pemasaran Produk UMKM
Senin , 22 April 2019 17:27

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Dinas Koperasi & UKM Kota Makassar mengadakan kegiatan fasilitasi pemasaran produk UMKM dengan pelaku bisnis di Kota Makassar. 

Pada kesempatan tersebut, Dinas Koperasi menghadirkan tiga narasumber sebagai pemateri, salah satunya Dr. Aspiannor Masrie, Jum'at (22/3/2019).  

Kegiatan ini bertujuan sebagai  wadah bagi pelaku bisnis untuk menambah pengetahuan dan  memperluas jaringan dengan saling bertukar informasi, terkait cara memasarkan produk UMKM.

Dalam materinya, Dr Aspiannor Masrie mengungkapkan, sulitnya memasarkan produk UMKM. Hal tersebut menjadi kendala bagi pelaku bisnis di lapangan.

"Tentunya pemerintah melalui dinas koperasi akan memfasilitasi dengan memberikan pendampingan atau penyuluhan," ucapnya. 

Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Dinas Koperasi & UMKM akan memfasilitasi pelaku bisnis terlebih dalam tahap pengembangan produk UMKM, mulai dari peningkatan kualitas barang dan jasa yang dihasilkan sampai dalam bentuk perizinan, bakal difasilitasi pemkot. 

"Pendampingan dalam bentuk managen pemasaran, dan keuangan bagaimana nantinya mereka mengelola keuangan sehingga bisa meningkatkan usaha melalui permodalan ini," tegasnya. 

Dengan adanya pelatihan ini diharapkan para pelaku bisnis  mampu memasarkan produk yang dihasilkan, dengan tidak bergantung dengan pemerintah. Sehingga mampu bersaing baik dari segi pemasaran maupun dari segi managen. 

"Harapannya kita bagaimana mereka bisa bersaing secara kompetitif, produknya bisa go internasional dan beberapa ukm yang kami punya sudah go internasional seperti mukena, kopi, dan markisa," harap Tarbiany, staf Bidang UKM Dinas Koperasi Makassar.

Penulis : Nurul Fadila

Editor : Al Khoriah Etiek Nugraha

Komentar