× Badan Diklat Badan Kepegawaian & Pengembangan SDM Daerah Badan Penanggulangan Bencana Daerah Badan Pendapatan Daerah Badan Penelitian & Pengembangan Daerah Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Bagian Hukum dan Ham Bagian Kerja Sama Bagian Kesra Bagian Keuangan Bagian Perekonomian dan Pembangunan Bagian Perlengkapan Bagian Pertanahan Bagian Tata Pemerintahan Bagian Umum Dinas Kearsipan Dinas Kebudayaan Dinas Kependudukan & Pencatatan Sipil Dinas Kesehatan Dinas Ketahanan Pangan Dinas Ketenagakerjaan Dinas Komunikasi dan Informatika Dinas Koperasi dan UKM Dinas Lingkungan Hidup Dinas Pariwisata Dinas Pekerjaan Umum Dinas Pemadam Kebakaran Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Dinas Pemuda & Olahraga Dinas Penanaman Modal & Pelayanan Terpadu Dinas Penataan Ruang Dinas Pendidikan Dinas Pengendalian Penduduk & KB Dinas Perdagangan Dinas Perhubungan Dinas Perikanan & Pertanian Dinas Perpustakaan Dinas Pertamanan dan Kebersihan Dinas Pertanahan Dinas Perumahan dan Pemukiman Dinas Sosial DPRD Inspektorat Kesbangpol Korpri Ortala Perusahaan Daerah Protokol Rumah Sakit Umum Daerah Satuan Polisi Pamong Praja

Diskominfo Makassar Bahas Perkembangan Startup Bersama Kepolisian dan Kejaksaan

Diskominfo Makassar Bahas Perkembangan Startup Bersama Kepolisian dan Kejaksaan
Rabu , 6 Maret 2019 15:43

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Makassar menggagas diskusi terbuka guna membahas perkembangan startup di tengah revolusi industri 4.0, di hotel Arthama Makassar, Rabu (6/3/2019).

Masyarakat dari berbagai segmen dilibatkan dalam diskusi ini, dari pelajar, mahasiswa, pelaku startup, pengurus industri kecil menengah, pengurus bulo, serta Aparat Sipil Negara lingkup pemerintah Kota Makassar.

Dalam sambutannya, Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, A Ahmad Kafrawi mengatakan, Revolusi Industri 4.0 adalah kemajuan global, dimana tenaga terampil di bidang digital akan sangat dibutuhkan. 

"Cara lama dan kebiasan lama kita jelas akan berubah, yang konvensional akan di geser oleh yang digital. Dari sisi Pemerintah Kota Makassar, era digital ini sebuah peluang untuk memberi peningkatan pelayanan publik yang jauh lebih berkualitas,” ujarnya.  

Menurut Kafrawi, Pemerintah Kota Makassar telah ikut menjadi lokomotif pergerakan dunia digital, setidaknya dalam meningkatkan kualitas layanan publik. Banyak apresiasi yang sudah diraih. Saat ini Makassar menjadi contoh model pengembangan Smart City di Indonesia.

"Bersama 26 kota dari 10 negara ASEAN, Makassar di tunjuk sebagai salah satu wakil Indonesia pada pertemuan jaringan kota cerdas atau ASEAN Smart Cities Network (ASCN) yang berlangsung di Singapura. Tentu saja ini semakin memperkuat program pengembangan kota pintar di kota kita ini,” lanjut Kafrawi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Makassar, Ichwan Yacub berharap diskusi ini menjadi salah satu media lahirnya kecerdasan digital ditengah warga kota Makassar.

“Kita ingin membangun smart people di Makassar. Kita tidak akan bisa mencapai smart city jika publik kita masih tertinggal terhadap perkembangan digital yang berlangsung di sekitar kita. Mudah-Mudahan diskusi seperti ini terus berkembang dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat yang ada," ujar Ichwan Yacub.

Penulis : Yuniastika Datu

Editor : Al Khoriah Etiek Nugraha

Komentar