× Badan Diklat Badan Kepegawaian & Pengembangan SDM Daerah Badan Penanggulangan Bencana Daerah Badan Pendapatan Daerah Badan Penelitian & Pengembangan Daerah Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Bagian Hukum dan Ham Bagian Kerja Sama Bagian Kesra Bagian Keuangan Bagian Perekonomian dan Pembangunan Bagian Perlengkapan Bagian Pertanahan Bagian Tata Pemerintahan Bagian Umum Dinas Kearsipan Dinas Kebudayaan Dinas Kependudukan & Pencatatan Sipil Dinas Kesehatan Dinas Ketahanan Pangan Dinas Ketenagakerjaan Dinas Komunikasi dan Informatika Dinas Koperasi dan UKM Dinas Lingkungan Hidup Dinas Pariwisata Dinas Pekerjaan Umum Dinas Pemadam Kebakaran Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Dinas Pemuda & Olahraga Dinas Penanaman Modal & Pelayanan Terpadu Dinas Penataan Ruang Dinas Pendidikan Dinas Pengendalian Penduduk & KB Dinas Perdagangan Dinas Perhubungan Dinas Perikanan & Pertanian Dinas Perpustakaan Dinas Pertamanan dan Kebersihan Dinas Pertanahan Dinas Perumahan dan Pemukiman Dinas Sosial DPRD Inspektorat Kesbangpol Korpri Ortala Perusahaan Daerah Protokol Rumah Sakit Umum Daerah Satuan Polisi Pamong Praja

Cegah Kutu Air Saat Musim Hujan

Minggu , 27 Januari 2019 12:04

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Saat musim penghujan tiba, berbagai masalah kesehatan mulai berdatang. Salah satu yang harus diantisipasi adalah penyakit kutu air yang mengintai kaki.

Di musim penghujan, kaki akan lebih sering basah dan lembab sehingga rentan terkena kutu air. Penyakit ini yang disebabkan jamur ini biasanya berada di sela-sela jari kaki

Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, dr Naisyah T Azikin mengatakan,  kutu air ini dapat diobati dengan krim antijamur, yang bisa didapatkan di apotek atau toko obat seperti, Lotrimin (clotrimazole), Micatin (miconazole), dan Lamisil (terbinafine).

"Kaki yang terkena kutu air di telapak kaki, akan terlihat memutih, kering, kemerahan, bersisik, lembap, pecah-pecah, gatal-gatal, sakit dan melepuh," jelasnya.

Namun begitu, dari pada mengobati, dr Naisyah mengatakan lebih baik mencegah terjadinya kutu air. Seperti beberapa cara berikut:

1. Usahakan agar kaki selalu kering,  karena jamur biasa tumbuh di daerah yang hangat dan lembab seperti dalam sepatu.  

2. Rutin cuci kaki dengan air bersih dan sabun setiap kali selesai beraktivitas di luar ruangan. Pastikan juga untuk benar-benar mengeringkan kaki setelah dicuci.  

3. Jangan memakai sepatu yang basah atau lembap, segera ganti sepatu saat terkena air hujan, dan mengeringkannya dengan benar sebelum menggunakannya kembali. 

4. Gunakan sepatu berbahan alami, agar kaki dapat bernapas. Gunakan sepatu yang terbuat dari bahan alami seperti kulit dan gunakan kaus kaki berbahan katun. 

5.Usahakan untuk tidak saling meminjam handuk, sepatu, dan kaus kaki dengan orang lain yang memiliki kutu air. Biasanya,  jamur bisa berpindah lewat barang yang digunakan secara bersamaan. 

Penulis : Yuniastika Datu

Editor : Al Khoriah Etiek Nugraha

Komentar