× Badan Diklat Badan Kepegawaian & Pengembangan SDM Daerah Badan Penanggulangan Bencana Daerah Badan Pendapatan Daerah Badan Penelitian & Pengembangan Daerah Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Bagian Hukum dan Ham Bagian Kerja Sama Bagian Kesra Bagian Keuangan Bagian Perekonomian dan Pembangunan Bagian Perlengkapan Bagian Pertanahan Bagian Tata Pemerintahan Bagian Umum Dinas Kearsipan Dinas Kebudayaan Dinas Kependudukan & Pencatatan Sipil Dinas Kesehatan Dinas Ketahanan Pangan Dinas Ketenagakerjaan Dinas Komunikasi dan Informatika Dinas Koperasi dan UKM Dinas Lingkungan Hidup Dinas Pariwisata Dinas Pekerjaan Umum Dinas Pemadam Kebakaran Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Dinas Pemuda & Olahraga Dinas Penanaman Modal & Pelayanan Terpadu Dinas Penataan Ruang Dinas Pendidikan Dinas Pengendalian Penduduk & KB Dinas Perdagangan Dinas Perhubungan Dinas Perikanan & Pertanian Dinas Perpustakaan Dinas Pertamanan dan Kebersihan Dinas Pertanahan Dinas Perumahan dan Pemukiman Dinas Sosial DPRD Inspektorat Kesbangpol Korpri Ortala Perusahaan Daerah Protokol Rumah Sakit Umum Daerah Satuan Polisi Pamong Praja

Begini Cara Camat Tamalate Deteksi Warga Pendatang yang Bermasalah

Begini Cara Camat Tamalate Deteksi Warga Pendatang yang Bermasalah
Kamis , 14 Juli 2016 17:37

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pemerintah Kecamatan Tamalate akan melakukan pendataan rumah-rumah kos dan kontrakan. Hal ini untuk mengatisipasi lonjakan urbanisasi pasca lebaran tahun ini.

“Kami sudah sebar imbauan agar pendatang musiman dan penghuni kos segera melaporkan keberadaannya kepada pihak RT dan RW, gelombang penduduk liar menjadi perhatian pemerintah kota. Pasalnya, jumlah mereka dari tahun ke tahun cukup besar dan menyebar hampir di semua kecamatan, ” kata Camat Tamalate Hasan Sulaiman, kepada Rakyatku.com, Kamis (14/7/2016).

Untuk mempersempit ruang gerak para pendatang musiman ini, pihaknya juga berkoordinasi dengan aparat kepolisian. Termasuk memaksimalkan peran RT dan RW.

“Gelombang urbanisasi ini efeknya cukup kompleks. Karena berpengaruh pada tingkat kriminalitas dan keamanan,Yang dikhawatirkan, para pendatang ini masuk berkedok angkatan kerja, padahal mengedarkan narkoba. Inilah pentingnya pendataan dini dilakukan guna mengetahui secara detail identitas mereka,” ungkap Hasan.

“Mereka dari mana. Apa tujuannya ke Makassar, itu harus diidentifikasi. Jangan sampai kita tampung orang yang masuk sebagai daftar pencarian orang (DPO). Itu yang kita antisipasi,” tambahnya.

Warga Tamalate mendukung upaya pemerintah melakukan pendataan rumah-rumah kos. Mengingat Tamalate disebut termasuk dalam tiga kecamatan yang menjadi sasaran penyebaran urbanisasi, setelah Biringkanaya dan Tamalanrea.

Penulis : Ainun

Editor : Adil Patawai

Komentar