× Badan Diklat Badan Kepegawaian & Pengembangan SDM Daerah Badan Penanggulangan Bencana Daerah Badan Pendapatan Daerah Badan Penelitian & Pengembangan Daerah Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Bagian Hukum dan Ham Bagian Kerja Sama Bagian Kesra Bagian Keuangan Bagian Perekonomian dan Pembangunan Bagian Perlengkapan Bagian Pertanahan Bagian Tata Pemerintahan Bagian Umum Dinas Kearsipan Dinas Kebudayaan Dinas Kependudukan & Pencatatan Sipil Dinas Kesehatan Dinas Ketahanan Pangan Dinas Ketenagakerjaan Dinas Komunikasi dan Informatika Dinas Koperasi dan UKM Dinas Lingkungan Hidup Dinas Pariwisata Dinas Pekerjaan Umum Dinas Pemadam Kebakaran Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Dinas Pemuda & Olahraga Dinas Penanaman Modal & Pelayanan Terpadu Dinas Penataan Ruang Dinas Pendidikan Dinas Pengendalian Penduduk & KB Dinas Perdagangan Dinas Perhubungan Dinas Perikanan & Pertanian Dinas Perpustakaan Dinas Pertamanan dan Kebersihan Dinas Pertanahan Dinas Perumahan dan Pemukiman Dinas Sosial DPRD Inspektorat Kesbangpol Korpri Ortala Perusahaan Daerah Protokol Rumah Sakit Umum Daerah Satuan Polisi Pamong Praja

Bangun "Teman Pacar", DPKP Makassar Anggarkan Rp400 Juta

Bangun
Sabtu , 3 Juni 2017 11:15

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) Kota Makassar, Fathur Rahim menyatakan, pihaknya telah menganggarkan sekira Rp400 juta, untuk pengadaan tempat penampungan pasca bencana atau yang disingkat dengan istilah "Teman Pacar".

"Anggaran yang kita siapkan per unitnya, kurang dari Rp200 juta. Jadi kalau dua unit, tidak sampai Rp400 juta. Dananya diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja (APBD) tahun anggaran 2017," kata Fathur pada Rakyatku.com, Rabu (3/6/2017).

Fathur menambahkan, pengadaan bangunan "Teman Pacar" ini dilakukan melalui proses lelang tender. Sementara untuk fasilitasnya, akan dilengkapi dengan melakukan kerjasama antara DPKP, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Sosial (Dinsos) Kota Makassar.

Teman Pacar itu adalah salah satu bangunan yang sifatnya mobile. Sehingga ketika ada daerah yang mengalami bencana, "Taman Pacar" akan hadir ke lokasi sebagai tempat pengungsian atau penampungan korban bencana.

"Selain bencana, bangunan ini juga multifungsi. Jadi saat dalam keadaan tenang (tidak ada bencana), Teman Pacar bisa dimanfaatkan untuk kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan," terangnya.

DPKP menargetkan, pengadaan bangunan yang akan dilengkapi peralatan penanganan pasca bencana. Seperti tempat tidur dan dapur untuk pengungsi ini, ditargetkan rampung pada akhir 2017.
 

Penulis : Sartika Marzuki

Editor : Al Khoriah Etiek Nugraha

Komentar